15 Maret 2011

Adik Kecil yang Malang

1 komentar
Selasa, 15 Maret 2011. Pagi ini, jam 10, aku sudah siap menyongsong masa depan alias berangkat kuliah. Udah ijin ke ortu, keluar pagar, nunggu angkot, n duduk manis di angkot. Alhamdulillah angkotnya sepi, jadi gak mepet-mepet ^_^. Angkot melaju, aku memandangi kegiatan di sekitar jalan yang kami lalui. Tinggal aku, abang2, n supir yang ada di angkot. Di sepertiga perjalanan, naik seorang bocah SMP yg masih rapi dengan seragamnya. Eitsss, megang apaan tuh si adik? Kayak ada yg putih, kurus, agak panjang. Dia duduk dengan santai sambil........ Ngisep rokok???? Heei...!!! Apa-apaan nih..! Walopun dia agak terbatuk, tapi terus saja nikotin itu dihisapnya dengan tenang. Jemarinya pun dengan lihai memainkan batangan itu. Korban pergaulan lagi nih kayaknya. Aku hanya bisa membuka jendela disampingku selebar-lebarnya supaya gak ikutan jadi perokok (yg pasif pastinya.....). Ditambah lagi si abang yg udah dari tadi adem ayem aja, eh... malah ikutan merokok. Huuhfff.... (kalo mau ngerusak badan jangan ajak-ajak orang dong...!!!

Gak berapa lama, seorang kakek tua naik. Si kakek langsung berkomentar ngeliat fenomena 'adik kecil yang malang' ini. Gini kira-kira isinya:

"Wah, masih SMP udah merokok ya.... Pintar kamu dek. Nanti pas SMA be-ganja lah ya... Kalo masih SMP jangan merokok. Kotor nanti otak kamu. Badan kamu juga. Padahal badan kamu kan bagus, tinggi tegap (memang iya...). Kalo udah besar kayak SBY badan kamu itu. Jarang-jarang anak SMP badannya kayak kamu. Kakek bilang kayak gini karna kakek sayang sama kamu. Kalo orang lain mungkin dibiarkannya aja, kenal pun enggak (degg.. tersungging dengarnya bah....). Nanti kalo udah tamat SMA baru boleh merokok (yeee same aje.....)."

"Kamu kelas berapa sekarang?"

"Kelas 3..."

"Wah, lagi ujian lah ya... Jadi ini mau pergi sekolah atau udah pulang?"

"Tadi sakit... (kok ga nyambung? tapi, udah tau sakit teteeeup aja merokok)"

"Ya, mulai lah dikurangi merokoknya ya..."

Si adik kecil cuma senyam senyum aja. Ntah didengerin atau gak si kakek tadi, ga tau juga lah...

Itu tadi sekelumit wajah pemuda Indonesia hari ini. Masih minta-minta sama ortu aja udah berani 'bakar uang', gimana lagi kalo udah punya duit sendiri? Masih dibimbing dan dididik sama guru aja udah bisa menyimpang, gimana kalo udah 'lepas' dari pengawasan? Udah baca peringatan di bungkus rokok aja masih mau 'ngejar maut', apalagi kalo gak baca.

Apa gak pernah dapet pelajaran agama, pendidikan moral, dan bimbingan konseling? Gak mungkin.... Kan katanya 'golongan terpelajar'. So, kenapa dong??? Masih takut dibilang gak gahul? Ga keren? Ga macho??? Gak gitu caranya.....

Yah, whatever. Moga si adik kecil segera sadar, kalo pilihannya itu tidak tepat. Ayooo... masih ada waktu untuk putar arah menuju jalan yg lebih baik lagi untuk dibilang 'keren'.

Untuk kamu n adik-adik lainnya, coba dengerin lagu Justice Voice yg judulnya Abege yaaa..... ^0^ (maap ga bisa di upload....)

  • Kisah hidup seorang Anak Baru Gede?
    cari identitas diri?.
    Nempuh jalan tiada tujuan?
    (kebingungan)?
    Salah jalan ngikut kebarat-baratan?
    Mode yang jadi pegangan?
    Gaya ngetrend cari perhatian?
    (orang-orang)?

    Reff:
    Pengen ngetop?pengen keren?
    pengen ngefans?
    segalanya dikorbanin ?(kasihan)
    Pamer harta cari muka
    ?N ngegosip pilih-pilih teman?
    (kelewatan)?

    Oh..ABe Ge jangan mau terpedaya?
    indahnya gemerlap dunia?
    Sampe lupa siapa dirimu?
    (kagak tau),
    Hidup ini hanya sementara waktu ?
    Eee jangan mau tertipu?
    Sampe nafsu ngatur diri kamu?
    (hilang citamu)?

    Reff:
    Bokap kamu nyokap kamu,
    tante kamu?
    Pasti ?kan bangga padamu..nih die!
    Punya anak udah cakep (=cakap)
    Juga sholeh? Prestasinya?OKE !!!
    AbeGe..prestasinya Oke?ini die..!



-Sartika Ika S.-

Read more...

14 Maret 2011

Evaluasi Event

2 komentar
Bulan Maret 2011 ini aku tergabung dalam 3 kepanitiaan. Yang 2 dari kampus, n 1 nya lagi dari forum alumni. Acaranya cuma beda beberapa hari pula. Tanggal 5, 6, dan 12 Maret 2011 lalu. Fiuhh.... Udah capek-capek buat acara, apa artinya kalo gak ada yang merasakan manfaatnya. Jadi untuk menyelidiki efek acara2 itu, aku pun bertanya ke peserta yang datang. Gimana sih pendapat mereka???? Let's cekidott.....


1. G.A 5 Maret 2011 @Auditorium
Peserta alhamdulillah melebihi 900 orang, tapi belum capai target 1.000 orang.


Ada yang komen:
A: "nasyidnya keren.... apa lagi yg lagu itu tuh, aku ingin mencintaimu setulusnya sebenar-benar aku cinta.... personilnya juga keren"
"......................."
B: " aku pengen pake jilbab kayak pematerinya....."
"..^_^.."
C:
"kamu kok dimana-mana jadi panitia?"
" >.< " D:
"setuju tuh sama pemateri. tutup aurat tu bukan siksaan. tapi untuk menjaga kita"
" \^0^/ "
E: "eh, nanti aku minta foto artisnya yg ngisi acara tadi ya...."
"............."
F: "seru... penampilan kreativitas mahasiswanya juga lucu2..
."
" :D "


2. MnG 6 Maret 2011 @Mesjid Raya

Peserta sekitar 50 orang yang terdiri dari adik2 junior dan alumni SMA.

Ada yg komen:
A: " seru... gamesnya banyak kali.."
".............^_^............."
B: "buat lagi kak.... kalo bisa sering2... tiap minggu pun
boleh
" -______- "
C: " yg saya pahami sebelum kita mencintai sesuatu, kita harus mengenalnya dulu. karna bisa jadi hal itu dibenci Allah..."
" :D "
D: " yg saya pahami perasaan suka ke yg bukan muhri
m itu adalah aib. jadi skarang kalo kami cerita2 n nyerempet ke cowok, langsung bilang sstttt... aib itu..."
" heheheheh "
E: "yg saya pahami urutan cinta hakiki itu adalah cinta pada Allah yg tertinggi.. terus Rasul, jihad, suami, n orang tua..."
" ^0^
F: " yg saya ambil dari gamesnya adalah dalam organisasi
, dengarkan kata2 pemimpin selama itu baik, gak boleh egois, harus bersatu..."
" yoyo..."
G: " gak boleh tuh pacaran.."
" ^^"
H: "kita harus punya usaha sendiri nih.... saya salut sama yg baca do'a. dia bisa sampe nangis. saya mau kayak gitu..."
" \^0^/ "

3. Pensil 12 Maret 2011 @USU

Peserta sekitar 100 orang. Acara berupa perlombaan-perlombaan (seperti pidato b. inggris, cerpen, artikel, deklamasi puisi) antar mahasiswa USU.

Ada yg komen:
A: " alhamdulillah... ga nyangka bisa menang..."
" ^_^ "
B: "kayaknya kurang publikasi nih. seharusnya yg datang lebih banyak lagi..."
" ............... "
C: "serasa lagi ulumul syar'i...."
"
:D "
-------------------------------------------------------------------------------

Itu tadi beberapa komen yg berhasil dihimpun dan diingat. Dari sekian komen, terlihat kalo sebagian besar peserta cukup memperhatikan siapa pembicara dalam acara tersebut. Kalo rasanya cocok di hati, ada ilmu yg secara sadar dia dapat. Tapi kalo kurang berkenan, mungkin pembicaraan utamanya akan tertutupi oleh penampilan nasyid ^0^. Jadi, pembicara memiliki pengaruh yg sangat besar terhadap sampai atau tidaknya maksud dan tujuan yg diharapkan dari suatu acara.

Oia, publikasi juga berperan lho. Kalo publikasinya baik, maka orang akan berbondong-bondong untuk datang ke acara itu. Tapi kalo publikasinya kurang nendang mau acaranya sebagus apa pun bisa diperkirakan peminatnya rendah.

InsyaAllah komen2 ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk acara2 selanjutnya. Kalo ada yg mau ngasi masukan juga sangat diperbolehkan ^_^

-Sartika Ika S.-

Read more...